Ragam Latihan Ketika Belajar Yoga

Ragam Latihan Ketika Belajar Yoga

Belajar yoga memang hal yang cukup menarik serta dapat dilakukan oleh siapapun. Yoga sendiri merupakan salah satu jenis senam yang menuntut seseorang untuk memusatkan seluruh pikirannya dengan tujuan agar bisa mengendalikan panca indera yang dimilikinya. Tak hanya itu, senam Yoga Jakarta Selatan juga bertujuan agar kita mampu untuk mengontrol, mengatur, serta berkonsentrasi penuh sehingga mampu menciptakan keseimbangan dan keselarasan anata tubuh, jiwa, serta pikiran seseorang yang melakukan senam Yoga.

Senam yoga dipercaya telah dipraktikkan oleh orang-orang sejak 4000 tahun yang lalu. Sementara orang-orang barat sudah lebih dahulu mengenal senam yang satu ini, yakni sekitar 30 tahun yang lalu. Hal tersebut dilakukan karena Yoga terbukti mampu memberikan manfaat yang cukup besar, mulai dari tercapainya fleksibilitas sampai dengan mengurangi gejala stress. Sementara itu, di Indonesia Yoga mulai populer pada tahun 90-an.

Seperti yang dikatakan dalam https://www.carijasa.co.id/services/290/belajar-yoga.html terdapat beberapa latihan dalam yoga yang bisa dilakukan pada waktu yang berbeda-beda. Latihan tersebut antara lain latihan bangun pagi, latihan pembangkit energi, dan latihan penangkal stress. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut yang perlu Anda ketahui mengenai ragam latihan ketika Anda hendak belajar yoga.

1. Belajar Yoga dengan Latihan Bangun Pagi
Latihan yoga saat bangun pagi biasanya diawali dengan gerakan yang bertujuan untuk meredakan ketegangan otot saat bangun tidur secara perlahan-lahan. Cara yang dapat dilakukan untuk meregangkan otot tersebut ialah dengan melakukan gerakan peregangan disertai pernapasan yang benar. Latihan ini juga bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah serta membangunkan dan memperkuat tubuh, mengingat tingkat energi di ketika bangun di pagi hari masih relatif rendah.

2. Belajar Yoga dengan Latihan Pembangkit Energi
Berbeda dengan latihan yang sebelumnya, latihan pembangkit energi lebih dominan dengan gerakan seluruh anggota tubuh. Mulai dari bagian kepala sampai dengan tulang belakang. Gerakan seleuruh tubuh ini membuat jantung berdetak lebih kencang, sehingga tak heran jika melakukan latihan yang satu ini akan menghasilkan keringat yang lebih banyak. Meskipun demikian, tetap lah berhati-hati ketika melakukan latihan yang satu ini agar terhindar dari cedera.

3. Belajar Yoga dengan Latihan Penangkal Stress
Terdapat beberapa anggota tubuh yang biasanya mudah terserang stress, seperti pinggul, bahu, leher, kakim serta perut. Misalnya, jika terjadi tekanan pada leher serta bahu mampu mengakibatkan penghambatan peredaran darah menuju otak, sehingga nantinya akan mengakibatkan sakit kepala. Latihan ini memberikan relaksasi jika dilakukan dengan pose-pose tertentu yang bertujuan untuk melememaskan otot. Tak hanya itu, latihan penangkal stress juga dipercaya mampu mengarahkan energi ke tubuh Anda, sehingga akan tercipta perasaan damai serta meningkatkan kemampuan konsentrasi.

Norris